by Damar Sri Prakoso - Espos.id Lifestyle - Minggu, 21 Maret 2021 - 10:29 WIB
Dita, Solo
Pandemi memang berdampak bagi seluruh aspek kehidupan manusia. Salah satunya dengan adanya imbauan untuk mengurangi kerumunan dan menjaga jarak, perusahaan atau organisasi mulai memberlakukan sistem work from home. Ini memang sesuatu yang baru dan butuh adaptasi.
Anda bisa melakukan beberapa hal, yakni membuat jadwal dan patuhi jadwal kerja itu. Sesuaikan dengan jam kerja yang sudah ditentukan perusahaan, mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB, dengan jeda makan siang pukul 12.00 WIB. Fokus saat jam kerja, jadi buat kesepekatan dengan keluarga bahwa di jam itu Anda tida bisa diganggu. Jika bisa, bekerja di ruang kerja di rumah Anda.
Mengenai lembur dan tetap bekerja di hari Sabtu dan Minggu, hal itu kembali ke kesepakatan Anda dengan perusahaan. Apakah lembur suatu keharusan? Jika iya, jangan lupa meminta hak Anda atas uang lembur. Namun, jika bekerja dan lembur di weekend tersebut sudah sangat mengganggu, segera konsultasikan dengan perusahaan, terkait jam kerja Anda.
Hal yang terpenting adalah tanamkan pada diri Anda untuk mematuhi jam kerja tersebut. Jangan mengerjakan hal lain di jam kerja, dan jangan pula mengerjakan pekerjaan di waktu pribadi Anda. Beberapa individu memang memiliki kecenderungan untuk segera mengerjakan pekerjaan yang ada. Memang baik, namun jika dilakukan secara terus menerus, akan mengarah kepada kejenuhan kerja. Hargai diri Anda dengan memberikan jeda dari pekerjaan.
Sebaiknya Anda menerapkan Work-Life Balance yakni keseimbangan antara bekerja dengan kehidupan pribadi. Manfaatnya Anda jadi lebih mampu berpikir positif dan bahagia, meningkatkan performa bekerja, lebih fokus dalam bekerja, dan juga mengurangi jenuh dan stres. Semoga bermanfaat
Psikolog, Achmad Dwityanto.