Promosi Gaet Vidi Aldiano, BRI Edukasi Masyarakat Hindari Modus Penipuan Lewat Lagu
Tak heran tamu hotel ramai-ramai menyatakan ketertarikannya, baik untuk sekadar berfoto di samping kereta atau merasakan sensasi menunggang kereta tersebut. Public Relation Manager Solo Paragon Hotel & Residences, Ira Oktarini, mengatakan pihaknya banyak menerima apresiasi positif dari para tamu hotel sejak dua unit kereta kencana milik Pemkot Solo itu dititipkan di halaman depan Solo Paragon.
Kesan istimewa menaikinya diungkapkan Public Relation Manager Best Western Premier Hotel Solo, Dyah Listyarini. Menurutnya, berada di dalam kereta kencana sungguh luar biasa. Dyah seakan merasakan apa yang dialami putri keraton. Dia pun menikmati sambutan masyarakat di sepanjang perjalanan dengan terus-terusan melambaikan tangan dan membagi senyuman.
“Itu adalah mimpi saya sedari kecil, ingin seperti putri-putri keraton, menaiki kereta kencana. Saya yakin siapapun yang mencoba kereta kencana akan merasakan sensasi luar biasa dengan naik kereta kencana,” ujar dia.
Kendati mengaku nyaman dan terkesan, Dyah rupanya merasa perlu mengkritisi kondisi kereta kencana. Dia menilai dibutuhkan pembenahan pada kondisi fisik kereta, khususnya untuk bagian tangga naik menuju tempat duduk penumpang. “Saya sudah sampaikan ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata langsung, saya minta dibenahi,” sambung Dyah.
Sementara itu, kesempatan pada masyarakat umum untuk mencoba sensasi naik kereta kencana sudah dibuka lebar. Pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo telah menggandeng Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), kalangan hotel dan biro wisata untuk membantu memromosikan sekaligus menjual tiket naik kereta kencana. Dari sisi hotel, upaya promosi dilakukan dengan memajang kereta kencana di halaman hotel yang tertutup. Dengan demikian, tamu hotel akan tahu bahwa Solo memiliki kereta kencana yang unik dan bisa disewa.
Oleh Tika Sekar Arum