by Akhmad Ludiyanto - Espos.id Lifestyle - Rabu, 1 Februari 2023 - 09:21 WIB
Esposin, JAKARTA-Mengambil pekerjaan sampingan menjadi salah satu cara yang efektif untuk menambah penghasilan.
Memiliki pekerjaan sampingan ini memang bagus, terutama buat kamu yang saat ini masih single dan belum terlalu banyak tanggungan.
Dengan memiliki pekerjaan di luar pekerjaan utama, kamu bisa mendapatkan lebih banyak uang tambahan untuk menabung.
Tetapi, kamu mesti tahu trik dan tips seputar pekerjaan sampingan agar tidak mengganggu pekerjaan utama dan tetap rileks menjalani keduanya.
Tetapi, kamu mesti tahu trik dan tips seputar pekerjaan sampingan agar tidak mengganggu pekerjaan utama dan tetap rileks menjalani keduanya.
Sebab bila tidak dikelola dengan baik, pekerjaan sampingan malah menjadi masalah baru seperti stres dan kelelahan hingga akhirnya mengganggu pekerjaan utama.
Berikut ini beberapa tips yang perlu kamu perhatikan saat memutuskan untuk mengambil pekerjaan sampingan, seperti ditulis Lifepal.
Konsultasikan kepada atasan atau HRD kamu terkait dengan niat untuk mengambil usaha atau pekerjaan sampingan di luar pekerjaan utama.
Selain dengan bertanya, kamu juga bisa mengecek kembali perjanjian kontrak kerja dengan perusahaan. Apakah ada klausul yang melarang karyawan mengambil pekerjaan di luar kantor atau tidak.
Dengan ini, kamu sudah beritikad baik untuk tidak melanggar aturan dari perusahaan.
Namun, lebih baik jika pekerjaan tersebut sesuai dengan minat dan kemampuan kamu sehingga kamu pun lebih enjoy dalam menjalani pekerjaan tersebut.
Idealnya, pekerjaan sampingan ini tidak akan terlalu mengganggu pekerjaan utama di kantor sehingga kamu bisa memilih pekerjaan yang tidak terlalu berat.
Misalnya jika kamu suka fotografi, kamu bisa mengambil pekerjaan sebagai wedding fotografer yang kerjanya harian namun bayarannya lumayan. Kamu tinggal menyesuaikan jadwalnya saja.
Kamu mesti mesti tegas pada diri sendiri, kapan harus mengerjakan pekerjaan kantor, kapan boleh melakukan kerja sampingan.
Agar kamu bisa lebih disiplin, jadwalkan pekerjaan kamu di aplikasi seperti Trello atau Notion. Aplikasi semacam ini dapat kamu manfaatkan untuk mengatur kegiatan selama sehari, seminggu atau sebulan kedepan.
Jadi, kamu sudah punya rencana yang jelas untuk pekerjaan sampingan maupun pekerjaan utama kamu di kantor.
Jam kerja kamu mungkin jadi lebih panjang daripada orang lainnya, energi kamu juga lebih banyak terkuras karena harus mengerjakan dua pekerjaan.
Tetapi, itu sebanding dengan apa yang kamu dapatkan nantinya, yakni tambahan penghasilan.
Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengatur uang.